Cerita si Leonardo

11 Oct

Mengapa perlu kreatif? Siapa orang paling kreatif?

Kalau saat ini ditanya ”kenapa sih harus kreatif?” jawabannya simpel. Supaya jadi orang kaya. Udah banyak bukti-bukti kalo orang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia itu adalah orang yang kreatif. Mereka bisa mencapai itu semua juga berkat usaha keras dan daya juang yang tinggi. Tapi sebenernya ga sesimpel itu. Menurut pendapat gue ya percuma kalo lo bener-bener kreatif tapi ga bisa mengaplikasikannya jadi sesuatu yang nyata. Kreatif juga harus inovatif.

Dari mata kuliah Creative and Innovation yang gue pelajari, sebenarnya sulit dibedakan antara kreatif dan inovatif. Karena disini perlu adanya suatu differensiasi antara kreatif dengan inovatif, maka gue  mengambil kesimpulan bahwa kreatif itu lebih ke sebuah ide-ide baru yang dapat berbentuk abstrak. Dari sesuatu yang belum ada, menjadi ada.

Lain halnya dengan inovasi yang berupa benda yang sebelumnya sudah ada tetapi dilakukan sebuah penambahan ide-ide baru agar mempunyai suatu nilai lebih.

Berdasarkan differensiasi diatas, menurut gue orang paling kreatif itu Leonardo Da Vinci. Soalnya gue bosen denger orang yg kalo ditanya “Siapa sih orang paling kreatif?” Pasti jawabannya Steve Jobs. (Maaf ya om, yg tenang di alam sana).

Mungkin sebagian besar orang mengenal Leonardo Da Vinci hanya sebagai pelukis. “Oooh, Leonardo Da Vinci yg ngelukis Monalisa” gitu. Nah sekarang gue mau cerita sedikit tentang beliau. Yaa kurang lebih ringkasan biografinya lah.

Leonardo Da Vinci

Leonardo Da Vinci (April 15, 1452 – 2 Mei 1519) Adalah seorang arsitek Renaissance Italia, musisi, ahli anatomi, penemu, insinyur, pematung, ahli ilmu ukur, dan pelukis. Dia telah digambarkan sebagai “manusia Renaisans” dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisan mengagumkan nya, seperti The Last Supper dan Mona Lisa. Ia juga dikenal sebagai orang yang telah merancang banyak penemuan yang mengantisipasi teknologi modern, meskipun hanya sedikit dari desainnya yang dibangun di masa hidupnya. Selain itu, ia membantu memajukan studi anatomi, astronomi, dan teknik sipil. Pada masanya, Humanisme Renaisans tidak melihat polaritas yang saling eksklusif antara ilmu dan seni.

Inventions and Engineering

Terpesona dengan fenomena penerbangan, Leonardo menghasilkan sebuah studi rinci dari penerbangan burung, dan rencana untuk mesin terbang, termasuk helikopter didukung oleh empat orang lelaki. Hang-glider yang dapat terbang. Pada 3 Januari 1496 ia berhasil menguji mesin terbang yang telah dibangun. PBS menayangkan khusus tentang bangunan dan pengujian glider berdasarkan desain Da Vinci. Glider adalah sebuah sukses besar, terbang lebih jauh dan lebih lama dari pesawat Wright bersaudara.

Pada 1502 Leonardo da Vinci menghasilkan gambar tunggal rentang jembatan sebesar 720-kaki (240 m) sebagai bagian dari proyek teknik sipil untuk Sultan Beyazid II dari Konstantinopel. Jembatan itu dimaksudkan untuk melewati sebuah inlet di mulut Bosphorus yang dikenal sebagai Golden Horn. Sampai skrg jembatan ini tidak pernah dibangun, tetapi visi Leonardo dibangkitkan pada tahun 2001 ketika sebuah jembatan kecil berdasarkan desain nya dibangun di Norwegia.

Karena pekerjaan sebagai insinyur militer, notebook nya juga mengandung beberapa desain untuk mesin militer seperti senapan mesin, sebuah tangki lapis baja didukung oleh manusia atau kuda, bom cluster, dll. Penemuan lainnya termasuk kapal selam, perangkat roda gigi yang telah ditafsirkan sebagai kalkulator mekanis pertama, dan mobil didukung oleh mekanisme pegas. Selama menetap di Vatikan, ia merencanakan penggunaan industri tenaga surya, dengan menggunakan cermin cekung untuk memanaskan air.

Sebagian besar penemuan Leonardo tidak dibangun selama hidupnya. Pada masa kini banyak dari rancangan beliau yang telah dibangun dan dipajang di Leonardo da Vinci Museum di Amboise dengan dukungan dari IBM.

Science and Engineering

Mungkin karya beliau yang satu ini bahkan lebih mengesankan daripada karya artistik-Nya. Studi di ilmu dan teknik, dicatat dalam notebook yang terdiri lebih dari sekitar 13.000 halaman catatan dan gambar, yg merupakan hasil karya seni dan ilmu. Catatan-catatan ini dibuat dan dipelihara selama perjalanan Leonardo melalui Eropa, di mana ia melakukan pengamatan terus-menerus selama  dunia di sekelilingnya. Dia kidal dan digunakan menulis cermin sepanjang hidupnya. Hal ini dijelaskan oleh fakta bahwa lebih mudah untuk menarik pena bulu ayam daripada mendorongnya; dengan menggunakan cermin-menulis, penulis kidal mampu menarik pena dari kanan ke kiri.

Pendekatan untuk ilmu pengetahuan yang beliau lakukan adalah dengan observai. Beliau mencoba untuk memahami fenomena dengan menggambarkan dan menggambarkan secara rinci sepenuhnya, dan tidak menekankan eksperimen atau penjelasan teoretis. Sepanjang hidupnya, ia merencanakan sebuah ensiklopedi besar berdasarkan gambar rinci dari segala sesuatu. Karena ia tidak memiliki pendidikan formal dalam bahasa Latin dan matematika, hasil karya kontemporer Leonardo diabaikan oleh ilmuwan.

Anatomi

Leonardo mulai menemukan anatomi tubuh manusia pada saat ia magang pada Andrea del Verrocchio, sebagai guru bersikeras bahwa semua murid-muridnya belajar anatomi. Saat ia menjadi sukses sebagai seorang seniman, ia diberi izin untuk membedah mayat manusia di rumah sakit Santa Maria Nuova di Florence. Pada tahun 1510-1511 ia bekerja sama dengan dokter Marcantonio della Torre (1481-1511). Dalam 30 tahun, Leonardo membedah mayat 30 pria dan wanita dari berbagai usia. Bersama dengan Marcantonio, ia siap untuk menerbitkan karya teoretis pada anatomi dan membuat lebih dari 200 gambar. Namun, bukunya diterbitkan hanya pada tahun 1580 (lama setelah kematiannya).

Studi anatomi manusia oleh beliau juga menjadi desain robot pertama yang tercatat dalam sejarah. Desain tersebut kemungkinan dibuat sekitar tahun 1495 tetapi ditemukan kembali hanya pada tahun 1950.

Sedikit info aja nih, selain dikenal sebagai pelukis, engineer, arsitek dll, ternyata semasa hidup nya Leonardo Da Vinci jg di kenal sebagai seorang gay atau homoseksual. Weeww.. Ternyata oh ternyata…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: