De$i – “Tinggal tit!, Langsung Debit!”

6 Dec

Bisnis model. Apa sih sebenernya bisnis model itu?

Menurut mbah google, bisnis model itu istilah yang dipakai untuk ruang lingkup luas dalam konteks formal dan informal untuk menunjukkan aspek inti suatu bisnis, termasuk mencakup maksud dan tujuan, apa-yang-ditawarkan, strategi, infrastruktur, struktur organisasi, praktik-praktik niaga, serta kebijakan-kebijakan dan proses-proses operasional.

Nah, kali ini gue mau sharing tentang apa itu bisnis model beserta contoh nya biar makin jelas maksudnya.

Waktu kuliah Creative and Innovation , mahasiswa kelas CI dikasih tugas buat bikin satu bisnis baru di bidang Telekomunikasi, Website, sama satu lagi gue lupa. Nah kelompok gue milih di bidang Telekomunikasi. Setelah brainstorming muncul beberapa ide kaya bikin social network baru khusus pekerja, tapi kaya nya ga asik kan. Trus akhirnya … Jeng Jeeeeng! Muncul sebuah ide briliant dari otak gue. Yaitu penggabungan SIM card hp dengan kartu Debit.

Kenapa sih kok SIM card + debit card?

Kalian sering ga sih ngalamin yg namanya ketinggalan dompet? Mau bayar ini itu jadi susah kan. Menurut survey yg pernah gue baca, di inggris kecenderungan orang buat mengambil handphone yang tertinggal lebih tinggi  dari pada kecenderungan untuk mengambil dompet. Mayoritas dari kalian juga pasti berfikiran demikian.

Oh no! I left my BB on my desk, I should go back right now!” (padahal udah dijalan dan jalanan lagi macet-macetnya sampe dibela-belain menembus kemacetan, Like a Boss).

Berawal dari latar belakang tersebut maka lahirlah De$i. Tag linenya “Pake De$i, tinggal Tit, langsung Debit!’. Duh maaf ya agak alay-alay gitu pake $ segala 5oaLnYa KaN biYar Ke5aN Uan9nYa leBiH TeRliHaT. Eh jadi alay. Stop.

Apa sih keunggulannya si De$i ini?

De$i ini bisa main sinetron, nyanyi tenda biru, juga bisa disebut miss no comment, malahan jadi ngomongin orang kan, sebut saja desi….ratnasaritem.

Aaahh back to topic dong, please.

Keunggulan nya si De$i ini, jelas, menawarkan simplicity dalam sistem pembayaran. Kalian ga harus bawa dompet, ATM card atau flash card sebagai alat pembayaran. Cukup bawa smartphone aja.

Trus cara kerjanya gimana?

Pertama-tama, kelompok kami sebagai company penyedia teknologi De$i akan mengajukan offering ini ke perusahaan telekomunikasi. Misalkan Telkomsel, nanti kita adakan kerjasama bareng telkomsel. Jadi setiap pengguna kartu telkomsel bisa menggunakan jasa De$i dengan syarat dan prosedur tertentu. Syarat untuk pengguna telkomsel, cukup aplikasi ke gerai telkomsel terdekat dengan memberikan nomor account Bank anda. Bank disini tentunya bank yang menjalin kerjasama dengan pihak telkomsel dan company kita tentunya. Bukan Bang Toyib atau Bang Mandra. Setelah aplikasi berhasil, gampang deh, tinggal tit, langsung debit!

Selain kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi seluler dan bank, kita juga mengadakan kerjasama dengan retail store atau toko-toko yang bersedia menggunakan layanan pembayaran via De$i. Nantinya kita sebagai penyedia jasa De$i juga menyediakan alat scanner untuk debit simcard tersebut.

Trus setelah proses tersebut diatas, pengguna kartu telkomsel yang sudah terdaftar, bisa melakukan pembayaran di toko yang menggunakan De$i. Tinggal dekatkan smartphone anda ke scanner sampai berbunyi tit! Maka sejumlah uang sesuai dengan pembayaran akan langsung di debit dari account bank anda.

Wuih daritadi canggih banget nih kayanya penjelasan panjang lebar gitu. Kan di awal mau ngomongin soal bisnis modeeell kok malah jadi De$i????

Harap tenang para pembaca yang budiman. Penjelasan diatas adalah penjelasan bisnis model dari De$i yang table bisnis modelnya bisa di liat di bawah ini.


courtesy http://www.xxxxiixx.wordpress.com

Kesimpulannya, bisnis model itu berisikan tentang apa produk yang kita tawarkan, siapa customernya, bagaimana profit dan costnya dan channel dan resources yang berhubungan dengan produk itu in a big picture.

Dari penjelasan gue tentang De$i diatas kalian bisa simpulin kan tentang chanel, resources, dll nya?

Hehehe..

Okay sampai disini dulu perjumpaan kita, takdir memang kejam pedih nian perasaan harus berpisah pada post kali ini. Lanjut lagi yak di pembahasan yang lain.

Last words, biar kalian makin inget sama De$i.

“De$i, Tinggal tit, Langsung Debit!”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: