Hidup ala Pak Budi Raharjo

6 Dec

Siapa ya Pak Budi Raharjo?

Beliau pernah menjadi guest lecturer di kelas CI. Waktu itu gue sebenernya ga terlalu merhatiin apa yang beliau sampaikan, soalnya gue lagi asik cekikikan dipojokan sambil 9gagging. Ha..Ha..Ha..

 

Ni dia Om Budi

Menurut catetan seadanya yang gue punya, Pak Budi mengalami tiga tahapan dalam hidupnya, yaitu :

  • Globalisasi 1.0
  • Globalisasi 2.0
  • Globalisasi 3.0

Ini Budi. Budi mengalami peningkatan tahapan hidup. Ibu menanak nasi. Ayah membaca koran. Adik bermain bola. Ga tau kenapa kalo denger nama Budi jadi keinget latihan membaca waktu SD.

Lalu, apa itu globalisasi bertingkat-tingkat gitu kakaaak?

Secara keseluruhan, globalisasi yang dimaksud diatas adalah aktualisasi diri. Aktualisasi diri yang telah dialami Pak Budi semasa perjalanan hidupnya.

Globalisasi 1.0 itu berhubungan dengan tempat tinggal. Dimana orang tersebut berasal, akan membentuk karakter dan sifatnya. Seperti contohnya orang yang berasal dari pedesaan tentunya akan mempunyai kebiasaan yang berbeda dengan warga kota.

Globalisasi 2.0 itu berhubungan dengan aktualisasi dalam dunia kerja. Bagaimana kita mengupdate diri dengan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja disekitar kita.

Globalisasi 3.0 itu yang paling canggih. Yaitu aktualisasi diri dari diri sendiri. Karena pada dasarnya, yang paling esensial dalam perubahan individu itu berasal dari dirinya sendiri. Bukan dari lingkunga tempat tinggal atau lingkungan kerja. Dari diri sendirilah seala sesuatu dapat berubah, terutama untuk aktualisasi diri ke arah yang lebih positif.

Selain itu Pak Budi juga mengajarkan untuk mrngerjakan segala sesuatu berdasarkan passion dan niat. Apa yang senang kita lakukan, maka lakukanlah. Quote nya dari Pak Budi “lakukanlah pekerjaan dengan hati”. Pak Budi juga mengutip quote dari Picasso “Good artist copy, great artist steal”.

Kesimpulan yang gue dapet dari kuliah kali ini, setiap diri manusia harus ada aktualisasi diri yang bertahap. Lakukan segala sesuatu dengan hati, and last but not least, be as creative as possible.

Sedikit tambahan Pak Budi mempunya web-nya sendiri, yang beralamat di:

Web: http://www.budi.insan.co.id
Blog: http://www.gbt.blogspot.com dan http://www.rahard.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: